Rabu, 01 Mei 2013

Wisata Arung Jeram Sungai Cianten – Lw. Liang Bogor



     Olahraga arung jeram (rafting)dapat dijadikan alternatif wisata akhir pekan. Apabila Anda selama ini hanya memandang keindahan sungai berarus deras dari kejauhan, dengan mengikuti arung jeram Anda bisa menikmati keindahan arus derasnya. Tegang, menantang, berbahaya sekaligus mengasikkan.


Salah satunya yaitu Sungai Cianten yang sering digunakan sebagai rute dalam olahraga ini. Rute penyusuran diawali dari Batu Beulah - Jembatan Leuwiliang selama 3 jam (trip 1), dilanjutkan kembali menuju Karikil sejauh (trip 2) yang memakan waktu 4 jam. Jadi total pengarungan 7 jam.

     Di awal titik start trip 1 adalah sebuah bendungan yang dibangun sebelum tahun 1926 (tidak ada yang tau pasti) dan mulai beroperasi sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) pada tahun 1926.
Sungai Cianten dengan kriteria dan tingkat kesulitan (grade) III memiliki puluhan jeram sepanjang penyusuran dan juga keunikan yang tidak ditemui di sungai-sungai lainnya, yakni masih menyimpan keaslian alam dan memiliki kualitas air lebih jernih.
Walau tidak seganas sungai-sungai lainnya seperti Aceh dan Kalimantan, jeram-jeram Cianten cukup menarik, dengan lebar sungai bervariatif mulai dari titik start hingga finish antara 16-20 meter serta kedalaman air mencapai 1-10 meter.


     Selama pengarungan kita bisa melihat beberapa satwa dilindungi di Cianten seperti monyet abu-abu, sejenis surili (prebytuis aygula), biawak (varanus), burung paruh udang dan masih banyak lagi yang dapat dilihat di alam aslinya.
Selama pengarungan, panorama alam sepanjang Cianten sangat indah dan alami. Tepi sungainya berbukit hijau, dan sisi sungai bertebing. Bahkan dihiasi beberapa air terjun besar dan kecil yang tak terlalu tinggi.


arung jeram bogor
  
 Trip 2 diawali start dari Jembatan Lw. Liang – Karikil. Berbeda dengan sebelumnya, trip 2 didominasi kondisi air flat (datar) tanpa arus. Jeram-jeram trip 2 tak seganas trip 1. Trip nya pun lebih panjang, semakin lama lebar sungai semakin luas, begitu juga kedalamannya. Tapi di trip ke dua ini ada beberapa jeram yang mengasyikan walaupun memang didominasi kondisi air flat. Satu jam sebelum finish, aliran Sungai Cianten mulai pecah dan bergabung dengan Sungai Cisadane.Setelah pertemuan sungai Cianten dan Cisadane, sebelum finish ada 2 jeram yang memacu adrenalin, yaitu jeram naga dan jeram columbus 2.



Silahkan hubungi kami HP/WA 085881488814, lihat juga penawaran harga paket arung jeram di bogor dan paintball dari kami.



Terimakasih.


Salam hangat selalu...

2 komentar:

  1. kegiatan outdoor activity lainnya
    https://canaryorganizer.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Kami Menyediakan dan Memberikan Pelayanan Outbound, Training, Team Building, Pengelolaan Meeting, Family Gathering, Rafting/Arung Jeram, Paintball,Off road
    kunjungi
    https://totemorganizer.blogspot.co.id/

    BalasHapus